Web dan Ketidakadilan Ekonomi

Screen Shot 2014-12-12 at 8.32.47 PM

Sore tadi saya menemukan laporan yang disusun oleh Web Foundation yang mereka sebut sebagai Web Index. Ranking ini mengukur keuntungan ekonomi, sosial dan politik yang didapat sebuah negara dari web. Tak heran negara-negara Skandinavia (Denmark, Finland, dan Norwegia) yang kaya masuk di daftar paling tinggi, sementara itu negara-negara miskin ada di bawah.

Menurut CEO Web Foundation Anne Jellema, “Di semua negara Skandinavia, mereka sangat menghormati kebebasan berekspresi dan privasi. Mereka mengimplementasikannya di dunia offline maupun online. Mereka juga terus berupaya agar semua warga negara agar bisa mendapat akses online, meski tidak mampu secara penghasilan ekonomi”.

Sir Tim Berners-Lee, yang juga founder Web Foundation, mengatakan bahwa pemikiran bahwa negara perlu mengembangkan ekonomi terlebih dahulu baru mengurus internet kemudian, adalah “bodoh dan tidak bijaksana”.

Jadi jika ada lagi orang, apalagi menteri (DUH!), yang mempertanyakan mengapa kita menuntut fasilitas internet yang mumpuni, berikan link ke laporan ini.

By Robin

Jack of all trades living in SF Bay Area, California. Asian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *