Essays

Sejak era bermusik, saya sudah pernah tampil di depan 10 hingga lebih dari 10.000 orang. Beberapa tahun terakhir, saya lebih sering tampil untuk berbicara dan mempresentasikan esai daripada manggung mempresentasikan musik. Sebagai referensi, beberapa hasil pekerjaan saya pernah dibahas atau disebut di media.

Jika konsepnya cocok, saya menerima permintaan untuk berbicara di komunitas, seminar, work shop, atau kuliah umum, di wilayah manapun di Indonesia. Silahkan mengontak saya lewat email untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengundang.

Area keahlian yang saya miliki adalah:

  • Creative Entrepreneurship (termasuk teknis memulai perusahaan, business planning, strategic management, innovation management, marketing management, HR management, financial management, bootstrapping).
  • Music Business (termasuk music industry, artist management, digital distribution, touring management, music-based business ideas in digital era).
  • Digital Marketing Strategies (strategi hingga detil teknis optimalisasi POE Media).

Beberapa esai yang saya pernah buat dan presentasikan ada di bawah ini:

Membangun Kota Musik di Indonesia

Di bawah ini adalah slide yang saya presentasikan di Pecha Kucha Bandung #20 bulan Mei 2016. Deskripsi ada di artikel ini.

How Music Festivals Can Change Life

Slide ini saya gunakan ketika berbagi di TEDxBandung bulan Maret 2015. Isi presentasi saya rangkum di halaman “Bagaimana Festival Musik Bisa Merubah Hidup Saya“.

The Great Shift of Music Industry

Adalah esai yang saya presentasikan di Pecha Kucha Jakarta 2014. Isinya menerangkan apa yang sedang terjadi di industri musik secara global. Banyak yang sudah melihat, mengerti dan merasakan. Tapi sedikit yang sadar akan impact bagi pelaku industri musik sendiri. Mengerti permasalahan adalah langkah pertama untuk memecahkan masalah. Penjelasan tekstual ada di halaman ini.

Musik Indonesia Untuk Semua

Adalah esai yang saya susun di tahun 2014 untuk presentasi di Indonesia Kreatif, yaitu konsep solusi untuk memecahkan 6 isu strategis yang dihadapi industri musik Indonesia, menggunakan 3 benchmark dari industri musik Inggris. Penjelasan tekstual ada di halaman ini.

Musikator in 6 Slides

Adalah presentasi untuk menerangkan layanan aggregator di perusahaan saya, Musikator, di acara Awarding Night, Young Creative Entrepreneur 2014 oleh British Council. Esai yang saya presentasikan di acara final ada di website Cerahati.

Developing Research Ideas

Adalah esai yang saya susun untuk materi kuliah Metoda Penelitian di Universitas Atma Jaya, Fakultas Psikologi, 2014.

Musik di Era Digital

Adalah esai yang saya susun untuk presentasi di Obsat, Maret 2012. Isinya adalah rangkuman apa yang sedang terjadi di industri musik di era digital. Penjelasan tekstual ada di link ini.

Business Planning in 10 Slides

Adalah presentasi yang saya buat untuk menerangkan “Business Plan” hanya dalam 10 slide saja. Presentasi ini masuk di daftar “Featured Presentation” di Slideshare selama beberapa hari di tahun 2010 dan mendapat lebih dari 30 ribu views.

The Music Business

Adalah presentasi yang saya susun untuk bicara di launching Creative Entrepreneur Network di Bali pada tahun 2009. Ada ulasan singkat dari Mas Rio Helmi, yang juga jadi presenter hari itu.

Website strategy that works

Adalah presentasi yang saya buat untuk BEDO, organisasi asosiasi pebisnis export dan import di Bali pada tahun 2009. Audience yang datang adalah pengusaha export/import yang berada di Bali. Presentasi dilakukan dalam Bahasa Inggris karena semua yang datang adalah pengusaha berbahasa Inggris.

Exploring Interpersonal Communication

Adalah rangkuman dari beberapa buku untuk materi pengajaran Business Communication Universitas Pelita Harapan di tahun 2009. Masih ada beberapa lusin slide lagi dari masa mengajar, tetapi tidak saya upload. Silahkan mengirim email untuk berdiskusi soal apa saja yang saya ajarkan di sana.

Small Business Solutions

Adalah rangkuman buku “Small Business Solutions” yang ditulis oleh Prof. Robert Hisrich yang saya susun pada tahun 2007.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *