Going Old School: Memulai Email Newsletter

Newsletter

Beberapa bulan terakhir blog ini hiatus karena saya sedang mencari semangat baru untuk meneruskan kegiatan blogging. Saya jadi bosan, mungkin karena akhir-akhir ini kebanyakan hanya menulis kegiatan saya sendiri.

Saya ingin kembali menulis komentar, ide, dan opini, tapi tampaknya terhalang, karena dalam kegiatan fisikal, saya sudah melakukannya. Akhirnya waktu dan enerji sudah keburu habis. Apa yang ditulis di sini, kecuali ada masalah yang menarik untuk diskusi, hanya mengulang apa yang saya lakukan.

Setelah membiarkan blog ini tidak diperbarui selama beberapa bulan, ya hitung-hitung liburan lah, per minggu ini saya memulai menulis newsletter dalam format email.

Mengapa?

  • Format ini tidak pernah saya kerjakan sebelumnya dalam kapasitas pribadi. Biasanya hanya dalam kapasitas pekerjaan untuk perusahaan tempat saya bekerja. Jadi ada pengalaman untuk handling, tapi tidak pernah saya gunakan untuk saya sendiri.
  • Saya butuh inspirasi baru. Saya ingin tetap menulis, dan tidak pernah ingin berhenti menulis, tapi saya benar-benar butuh inspirasi baru. Menulis dalam format baru, mungkin akan memberi saya banyak inspirasi. Sekalian, saya sekaligus bisa membagikan inspirasi tersebut.
  • Saya yakin sedikit yang akan berlangganan, setidaknya awalnya. Maka, tidak seperti lewat website ini yang sudah menarik banyak perhatian orang, saya akan merasa memiliki lebih banyak ruang untuk bereksperimen dengan pikiran dan menuliskannya.
  • Saya ingin menulis dalam bahasa Inggris, secara rutin. Meski eksekusinya nanti bisa saja akan bercampur dengan bahasa Indonesia jika kebanyakan yang berlangganan akhirnya orang Indonesia juga, tapi saya ingin menggapai audience yang benar-benar baru. Demi menambah wawasan.
  • Saya tidak hanya ingin bercakap dengan orang dari Indonesia, tapi juga dengan siapapun yang tinggal di seluruh pelosok dunia, yang bisa bercakap dalam bahasa Inggris. Mungkin nantinya tidak lewat newsletter ini bisa bertemu mereka, tapi kegiatan menulis dalam bahasa Inggris bisa segera dimulai.

Oh ya. Apa isinya? Pendapat, ide, opini dan berita dalam bidang Musik, Kewirausahaan dan Teknologi yang selama ini saya tekuni. Jika kamu/Anda merasa menjadi tujuan email newsletter ini, silahkan berlangganan lewat link ini.

Bicara tentang email, banyak cara untuk membuat dan memiliki akun email untuk berlangganan dan menerima email newsletter saya. Ini ada tips Cara Membuat Email Lengkap dari Gmail sampai Email Domain Sendiri. Langkah-langkahnya runut dan mudah dimengerti. Semoga berguna.

Sumber foto: Dennis Skley di Flickr. (CC BY-ND 2.0)

By Robin

Jack of all trades living in SF Bay Area, California. Asian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *