Selamat Tinggal Dreamhost, Selamat Datang CloudKilat

Tumpukan Mac mini di ruangan server perusahaan hosting Macminicolo
Tumpukan Mac mini di ruangan server perusahaan hosting Macminicolo

Dreamhost sudah menjadi rumah website ini sejak Desember 2007. Saya tidak punya keluhan yang berarti, sampai 3 hari yang lalu. Website ini down, dan saya tidak menemukan penyebabnya. Saya mencoba menghubungi teknisi Dreamhost yang biasanya sangat responsif dengan penuh harap. Satu hari kemudian masih belum ada jawaban, sampai-sampai saya membuka ticket support baru. 12 jam kemudian saya masih belum mendapat jawaban, tapi kali ini saya tidak bisa menunggu lagi. Ini memang kejadian pertama Dreamhost memberi respon yang kelewat lambat, tapi banyak sekali yang bisa terjadi ketika website down selama dua hari. Salah satunya adalah mencari perusahaan web hosting lain.

Saat ini saya menggunakan jasa beberapa perusahaan web hosting untuk keperluan bisnis maupun personal. Selain Dreamhost, juga Media Temple dan Hostmop. Yang ketiga, sangat tidak saya rekomendasikan. Selain layanan teknisinya lambat dan perusahaan kebanyakan liburnya, performa uptime sangat buruk.

Akhirnya pilihan saya jatuh ke CloudKilat. Mengapa? 3 hal.

  1. Trafik website ini mayoritas dari Indonesia karena saya sudah tidak menulis artikel berbahasa Inggris lagi seperti beberapa tahun pertama website ini berdiri. Jadi menyewa server yang lokasinya di luar negeri sudah tidak efektif.
  2. Karena website teman saya Daily Social di host di sana dan website tersebut terbuka dengan sangat cepat.
  3. Terakhir, karena teman saya @aulia kenal dengan General Manager-nya. Ngaruh? Tidak tahu. Selama ini saya selalu memilih perusahaan hosting luar negeri karena layanannya lebih cepat daripada perusahaan Indonesia. Teknisi yang tinggal dan bekerja dari Amerika menjawab email saya lebih cepat daripada teknisi yang bekerja dari Indonesia. Selain itu, jawaban teknisi Amerika lebih membantu daripada teknisi Indonesia yang cenderung tidak mampu berkomunikasi dengan baik.

intinya saya tidak pernah meminta layanan sempurna seperti uptime 100%. Tapi jika terjadi sesuatu, setidaknya ada staff perusahaan hosting yang bisa membantu saya. Dan jika bisa mendapat bantuan dari petingginya, maka seharusnya layanan bantuan bisa cepat.

Jadi, pagi ini saya putuskan untuk menyelesaikan proses pindah hosting. Tidak lebih dari 2 jam bisa selesai karena sudah biasa memindahkan website. Jadi RobinMalau.com akhirnya di host oleh perusahaan web hosting Indonesia. Memang tidak pernah mudah menjadi pemilik website yang menyewa jasa perusahaan hosting, karena masalahnya banyak. Tapi mudah-mudahan kali ini lebih banyak lancarnya daripada macetnya. Ini pengalaman pertama, wish me luck!

By Robin

Jack of all trades living in SF Bay Area, California. Asian.

0 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *