Sejarah Lagu Puppen “Atur Aku” [Updated]

D.R.I., salah satu legenda dan pelopor hardcore/crossover weekend kemarin manggung di Hammersonic Festival. Saya ngga nonton, tapi saya jadi teringat asal-usul lagu Puppen “Atur Aku”. Tidak banyak yang tahu, sebenarnya lagu ini punya sejarah yang cukup, well sangat, panjang. Dimulai dari sebuah lagu D.R.I.

Tanpa basa-basi, berikut milestones-nya:

1992

  • Puppen membawakan lagu Acid Rain dari D.R.I. di panggung.
  • Lagu tersebut biasanya dibawakan bersama beberapa lagu dari Prong dan Sacred Reich, bersama lagu “This is not a Puppen Song”, untuk mengisi setlist yang biasanya 3-4 lagu, sesuai dengan waktu yang diberikan oleh panitia tempat Puppen manggung.

1993

  • Atur Aku tercipta, terinspirasi dari sebagian lagu Acid Rain.
  • Awalnya lagu ini berirama cepat ala thrash metal.
  • Arian membuat lirik, dan memberi judul lagu ini “God Loves Man Kills”.
  • Lagu ini tidak pernah dibawakan di panggung, karena saya masih selalu merasa tidak sreg di beberapa bagian aransemen.

1994-1995

  • Lagu “God Loves Man Kills” hiatus, karena Puppen berkonsentrasi di 7 lagu yang diproduksi dan dirilis di dalam debut, “Not a Pup Ep” di akhir tahun 1995.

1996

  • Puppen mulai menulis lagu untuk album berikutnya. Lagu tersebut tidak pernah dibawa rehearsal. I think the song sucks.

1997

  • Saya meminjam Cd Cro-Mags album “Alpha Omega” dari Arian untuk mencari inspirasi lagu.
  • Tak disangka, ketika saya mendengar lagu “Eyes of Tomorrow” di kamar Marcell, saya langsung tahu bahwa seharusnya lagu itu (God Loves Man Kills) dibawakan dalam beat yang dancey.
  • Saya mengajak Marcell untuk bereksperimen dengan beat. Kami mengulang-ulang bagian verse hingga sempurna dan menemukan apa yang saya mau. Lagu versi baru dibawa ke studio, dan direkam dalam kaset demo oleh saya (lead guitar), Ajo (rhythm guitar), Prima (bass), dan Marcell (drums).
  • Arian membuat lirik dan memberi judul “Atur Aku”. Lagu ini langsung menjadi favorit Puppen dan dibawakan disetiap panggung.
  • Karena lagunya yang catchy dan mudah diingat, penonton dan fans mudah mengingat lagu ini, dan bisa sing-a-long setiap kali dibawakan meski lagu ini belum dirilis dan tidak ada yang tahu liriknya kecuali Arian.
  • Puppen kembali masuk studio untuk memproduksi album kedua. Lagu “Atur Aku” adalah lagu pertama yang direkam untuk menciptakan mood yang baik di studio.
  • Yadi ‘Behom’ dari Jasad diajak Arian untuk menjadi backing vocal dibagian refrain dengan berteriak ‘keparaaaattt…!!!’.

1998

  • Puppen merilis demo cassette untuk keperluan promosi ke radio dan media lainnya, yang diberi judul “Injak Balik”. Demo ini berisi lagu “Atur Aku” dan “True”.
  • Lagu “Atur Aku” menjadi hits di radio seputar Bandung dan Jakarta.
  • Album “Puppen MK II” dirilis, dan 10.000 keping sold out dalam 3 hari.
  • Lagu “Atur Aku” selalu menjadi lagu pembuka show Puppen sejak itu.
  • Andry masuk menggantikan Marcell di posisi drums. Lagu “Atur Aku” dimainkan dengan versi yang lebih ‘keras’ oleh Andry.

1999

  • Lagu “Atur Aku” masuk ke kompilasi “Indonesia Best Alternative” bersama beberapa band seperti Pas Band, Koil, Netral dan Kubik. Jadi ingat, personil Puppen mendapat honor masing-masing sebesar Rp 500.000,-. Honor tersebut saya belikan gitar akustik Yamaha, saya lupa detil modelnya :p
  • Puppen kembali masuk studio untuk merekam album ke 3. Disini tercetus ide untuk merekam beberapa lagu baru dan me-remix beberapa lagu lama. Kami mengajak Otong dari Koil, untuk menjadi co-producer (bersama saya) dan me-remix beberapa lagu termasuk “Atur Aku”.

2000

  • Album Puppen (S/T) dirilis eksklusif dalam format kaset. Side-A adalah lagu-lagu baru, dan side-B adalah lagu-lagu hasil remix, termasuk lagu “Atur Aku” versi remix. (yang punya copy file lagu ini mohon kesediannya untuk berbagi, berikan link-nya di kolom komentar, thanks!). Update: Done. Diunggah oleh Erlangga Mohammad di Soundcloud. Thanks!!!

2002

  • Puppen resmi membubarkan diri. Di konser terakhir di Jakarta dan Bandung, lagu “Atur Aku” kembali menjadi lagu pembuka.

2004

  • Puppen melakukan 1 reunion show di Pangudi Luhur Fair, Jakarta. “Atur Aku” menjadi lagu pembuka.
  • Show tersebut menjadi show terakhir Puppen.

2006

  • Ebenk dari Burgerkill meminta ijin untuk membawakan lagu “Atur Aku” di album Burgerkill “Beyond Coma and Despair“. We love Burgerkill, so I say yes.
  • Album tersebut dirilis, dan “Atur Aku” kembali menjadi hits. Di account MySpace Burgerkill, lagu ini di play sebanyak lebih dari 80.000 kali.

2009

2012

  • Burgerkill manggung di acara Radioshow TV One, dan saat itu pertama kali lagu “Atur Aku” dibawakan live di TV nasional dan menjadi puncak show Burgerkill. Menurut Adib Hidayat, Editor In Chief Rolling Stone Indonesia:

Update Oktober 2013: Video dibawah di take down dari YouTube ga tau oleh siapa. Kampretos.

2013

Gue jadi guest guitarist di 2 panggung terakhir Burgerkill di tour #SpitTheVenom2013 bawain lagu “Atur Aku” di Majalengka dan Istora Senayan, Jakarta.
– Cerita lengkap ada di website Burgerkill: “Heavy Night Holy F*ck!“.
– Foto-foto ada di halaman Flickr gue.
– Liputan media ada di sini.

Suasana saat lagu “Atur Aku” di Istora Senayan Indoor, 28 September 2013, ada di video di bawah ini. Crazy Motherfuckers!

  • Artikel ini digunakan di Rolling Stone Indonesia bulan November 2013.

Sejarah Lagu Atur Aku di Rolling Stone November 2013

Pelajaran:

  • Puppen sudah tidak aktif sejak tahun 2002, tetapi lagu Atur Aku masih dikenang orang.
  • Orang bijak berkata, mulai nge-band, dengan membuat lagu bagus. Terbukti.
  • Terkadang kontra produktif, tapi sebelum sreg di hati, jangan merilis lagu.

Credits:

  • Diciptakan oleh Robin Malau (musik) dan Arian 13 (lirik).
  • Original Performers, on Puppen MK II: Arian 13 (vocal), Robin Malau (guitar), Prima Mulia (bass), Marcell Siahaan (drums), Yadi Behom (backing vocal).
  • Versi Remix oleh JAV aka Otong.
  • Versi Cover oleh Burgerkill.

Lirik:

Satu langkah ke depan dan tetap lurus
panggil aku keras kepala dan bodoh
lelah hanya fisik mental semata
tetap lurus karena ada harapan..

Keparat!

Kau halangi aku dalam berjalan jatuhkanku
Bila memang kau mampu
Racun aku dengan petuah kosongmu
Racun aku dengan cara hidupmu..

Keparat!

Aku tak akan pernah beranjak
Aku tak akan berubah
Aku tak akan mau dewasa,
Bila dewasa sepertimu aku tak mau
Aku tak akan pernah beranjak
Aku akan tetap berdiri
Aku akan tatap bertahan
Walau halangan selalu tetap membayang..

Satu langkah besar tetap ke depan
Tetap lurus karena ada harapan
Lelah hanya fisik mental semata
Tetap laju terbuka dan terpola
Coba halangi, coba jatuhkan
percuma karena aku bertahan
dewasa aku tak akan berubah
Ini aku, ku atur jalan hidupku..

Catatan: artikel ini akan di update jika ditemukan file-file yang berhubungan dengan lagu Atur Aku.

By Robin

Jack of all trades living in SF Bay Area, California. Asian.

0 comments

  1. God loves man kills, berasa seperti hardcore-metal dari Albany yang membubarkan diri di tahun 1992 juga. 🙂

  2. sampai saat ini lagu atur aku selalu menjadi list lagu yg aku maenkan bersama band GHOSTBUSTER,, dan aku punya album terakhir puppen dan aku juga nonton last shownya puppen mas.terlalu sayang untuk meng upload lagu2 di album puppen di internet,karna histori nya mas 🙂 ,dan masih banyak orang yg menganggap lagu ATUR AKU di bilang lagunya BK 🙂

    1. Atur Aku lagu milik publik, kebetulan yang menciptakan dan punya hak cipta itu Saya dan Arian. Kita ngga minta macam-macam kok, cuma minta dihargai aja, dengan disebut siapa yang ciptakan lagu tersebut.

      It’s alright, please use it, please share if you care!

  3. Pertama kali denger lagu ini di album “Indonesia Best Alternative” punya kakak, langsung jadi favorit karena liriknya rebel 🙂 dan kemudian memutuskan untuk beli kasetnya (MK II). Saat itu mungkin saya masih memakai celana merah, SD kelas 4 atau 5. Tentunya lagu ini berperan besar dalam menentukan selera musik saya hingga saat ini.

    best regards for puppen.

  4. jadi inget dulu pernah ke kantor soda di cipaganti, mau wawancara buat video testimoni di launching beyond-coma-despair. pas ditanya tentang lagu atur aku yang dibawain bk, kang Robin bilang “wah.. jadi gitu?” dan langsung nelepon kang Eben haha..

    1. Kurasa Aku tak akan berubah……ini aku ,,kuatur jalAn hidupku. DO IT YOUR SELF….. Lagu yang benar” baguS tuk menunjukan jati diri kita…. Cheerrzz

  5. Gara-gara ” GMR-FM 104,4 ” Hardcore? ya “Puppen”
    Ane mungkin 1 dari 500 orang pertama yang beli MKII.
    Thank’s to Puppen ” I Will Always Keep All About Puppen”

  6. sampe sekarang saya masih punya kaset PUPPEN MK II, dulu belinya di harder cihampelas, kayaknya waktu itu harganya baru naek soalnya label harganya ditimpa tempelan harga baru Rp 12.000, hehehe

  7. Jadi inget waktu dulu numpang VW kodok butut temen sekolah yang ga ada korsi belakangnya, ngabisin tabungan duit jajan seminggu buat nonton Puppen di Lamborghini cafe hari kamis malem ……… jumat besok nya bobo di kelas

  8. buat saya, masih band hardcore terbaik di indonesia sampe sekarang, terima kasih kang robin, kang arian dll. 🙂

  9. ini sebenarnya agak OOT sih…

    tahun 1996 saya kelas 3 SMA….waktu itu ada pesta pelajar majalah Hai di lapangan Saparua…Puppen main hari Minggu di acara itu, padahal besoknya saya EBTANAS….

    tetap aja berangkat ke Saparua….yang penting mah puas moshing….

  10. kang, eh sekarang mah udah ganti jadi bli : ), puppen emang greatest indonesian hardcore band, klo punya video koleksi pribadi waktu manggung, saya mohon share-nya, mengenang saya smp sampe terakhir saya maksain k jakarta buat nonton konser terakhir yang di pangudi luhur padahal saya pkl di sulawesi…………m/ m/

  11. Di tahun 98 saya sempat mengcover lagu ini ketika menjadi Band Undangan ,di sebuah acara Festival pelajar pas lagi booming2nya lagu ini hingga crowd pun ikut sing a long ni hehe…I luv 90s Era

  12. Sayang umur saya masih terlalu kecil waktu era Puppen berjaya, tapi seenggaknya beberapa tahun terakhir tau apa itu puppen dan kebetulan punya kaosnya 😀

  13. well…atur aku emg sesuai sama jamannya…
    mengantar menuju penumbangan era diktator shit lah…
    trakhir dgr livenya di nirvana cafe hotel maharaja..
    i used my lovely white t-shirt w/ back theme says : INJAK BALIK!

  14. Jd inget jaman” SMA, jaman merebaknya grunge tp puppen bisa mengambil tempat di hati saya.sampe sekarang playlist di komp ma hp saya harus ada “atur aku” “system” n “united fist”
    U’re always in my heart brad…

  15. Dulu saat album “Beyond coma and despair” akan muncul saya sudah dapat bocoran lagu “atur aku” dari Ebenz, karena memang dalam kepentingan siaran saya di radio oz jaman itu. Entah kenapa saya sempat sinis dan kritis menanggapi mengenai keputusan burgerkill meng-cover lagu “Atur Aku” ini. Bahkan nada sinis ini akhirnya kami lontarkan pada saat sesi interview, begini pertanyaan nya; “Apa tujuan burgerkill meng-cover lagu “Atur Aku” milik Puppen ini? Apakah ini sebagai dalih bahwa kalian “kembali” ke jalur underground (pasca resign sony music)? hahahahaha kontan suasana interview pun dipenuhi suara gelak tawa ebenz dkk, namun sialnya ebenz menjawab dengan tepat dan aman menurut saya, begini jawaban nya: “Kami sangat mencintai musik hardcore, dan menurut kami Puppen adalah band hardcore terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, dan ini adalah bentuk apresiasi kami untuk Puppen dan orang-orang yang belum mengetahui Puppen” hahahahah..

    Terima kasih Puppen terima kasih Burgerkill

  16. Lagu yang gak ngaruh ama perkembangan zaman, which mean always cool to hear whenever it is wherever you are. Dan Burgerkill sukses menambah ke-popularitas-an lagu ini.

    salut buat Mas Robin Malau dan Arian 13.

    m/

  17. saya sedih karena waktu Puppen berjaya saya blom lahir dan sekarang saya cari kemana2 gk ada kaos ato sisa albumnya minta ke om Abbay blom ada kabar lagi…tapi saya senang bisa tau tentang Puppen.Puppen the best Hardcore!

  18. gw smp (1997) ngeliat sticker puppen yang kepajang di kamar abang gw, yang gw juga nggak tau itu apaan.. nah SMA pertama kali denger puppen dikasih copyan nya sama abang kelas..
    semenjak itu Puppen selalu berkumandang dari speaker tape gw..
    bahkan sampe (dulu pacar gw ) gw nyanyiin atur aku gara2 kebanyakan ngatur..

    jakarta,Desember 2002 Gw nonton Puppen untuk pertama dan terakhir.

    Puppen legend hardcore indonesia.. sayang banget bubar.. klo bisa reuni sekali lagi buat dokumentasi digital 4k.

    \m/

  19. Sudah berpuluh-puluh tahun dan berganti ganti generasi tapi lagu ini masih tetap enak di dengar.. the best song lah cek saya mah. untuk yg menciptakan lagu ini ” kalian memang hebat”

  20. kukurilingan d BDG nyari ini album mkII, eeeh meunang na d Tasik… pan edun hahahaa 😀
    .
    sampe sekarang masih saya simpan ini kaset MKII (mulus pokonamah :D), untuk mengenang akhir ’90
    .
    nuhun kang Robin,
    trims PUPPEN

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *